Cari keripik pisang klik disini Dongeng Wa kepoh
close

*** Cari keripik pisang klik disini***

Langsung ke konten utama

Dongeng Wa kepoh

Bagi Orang Sunda Di Jawa Barat khususnya, siapa yang tidak tahu Pendongeng Sunda "Ua Kepoh", Ane sendiri gan waktu itu kalau tidak salah ya, lupa-lupa ingat soalnya masih SD. Denngerin "Wa Kepoh" itu ketika berkunjung ke rumah nenek di Wado-Sumedang. Rasanya Adem aja selain rumah nenek waktu itu masih panggung yang di bawahnya di jadikan kandang ayam/bebek, sembari di temani angin sepoi-sepoi dan suaranya dari "Wa Kepoh" meuni raoseun (baca: posisi nyamanlah) suasana waktu itu terasa pisan sunda-nya.

Siapa "Wa Kepoh"??

 mangrupakeun salasaurang tukang ngadongéng anu kahot, bisa nyarita rupa-rupa sora, ti mimiti sora lalaki nepikeun ka sora awéwé. Ngan radio anu nyiarkeun ieu dongéng poho deui, teuing galura radio teuing naon. 


Terjemah Indonesia:
"Wa Kepoh merupakan salah seorang pendongeng yang terkenal pada waktu itu, soalnya beliau bisa mendongeng dengan berbagai suara berbeda, dari mulai suara laki-laki sampai suara perempuan. Tapi radio yang menyiarkannya ane lupa lagi gan, soalnya masih SD, kalau ga salah radio galura, kalau ga salah itu juga 


Ulah nganggap saepisode bisa sapoe dua poe bisa mangbulan-bulan, tapi geugeut dumeh caritana loba pisan hikmahna, nyaritaeun kahidrupan sapopoe urang sunda. sok ngahaja wa kepoh beh pamirsana panasaran, biasana caritana dituntungan : ""Euleuh...waktosna parantos seep...."
Quote:

Terjemah Indonesia:
Jangan menganggap satu episode itu hanya beres dengan satu sampai dua hari tapi bisa jadi sampai sebulan lamanya, tapi senang banget karena dongengnya banyak hikmah yang bisa di ambil, menceritakan kehidupan kita sehari-hari sebagai orang sunda. "Wa Kepoh" suka membuat para pemirsa yang mendengarkan dongengnya waktu itu menjadi penasaran. dan suka mengakhiri dengan kalimat ""Waduh...waktunya sudah habis...."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soekarno merokok

Calon Arang di Kediri: Asal Muasal Kisah Seram Leak di Bali

BEBERAPA KIBUYUT PANDEGLANG BANTEN

AL-BARZANJI (البرزنج)

Dua Risalah Karya KH Mas Abdurrahman Al Janakawi

SYAIKH MUHYIDDIN

TARIKH : sejarah berebut hadits shahih

RAJA KAHURIPAN

TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG